Penyebab Penyakit Liver

Posted by on May 25, 2014 in Info Penyakit Liver | 0 comments

Penyebab Penyakit Liver

Salah satu organ tubuh yang paling vital adalah hati. Jika hati rusak, maka segala jenis racun yang masuk ke dalam tubuh, tidak bisa dinetralisir. Sebab, salah satu fungsi hati adalah menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh.

Penyebab Penyakit LiverKerusakan akan organ hati dapat menganggu kemampuan tubuh manusia untuk memecah sel darah merah dari toksin atau racun yang terkandung didalamnya. Bilirubin pada darah serta racun lain yang ada pada darah pun tidak akan mampu dikeluarkan tubuh sehingga tetap mengendap dan menetap dalam tubuh, sehingga hati mengalami kerusakan dan hati mengalami penurunan kemampuan dalam memecah protein.

Apabila seseorang yang menderita gangguan fungsi hati / menderita penyakit liver mudah sekali untuk dikenali dan dapat terlihat jelas pada perubahan bola mata dan kulit menjadi kuning dan perubahan warna air kemih menjadi warna kuning pekat atau kecokelatan.

Fungsi Hati

Ada banyak sekali fungsi hati, bahkan jika dihitung konon fungsi hati ada lebih dari 500. Di bawah ini ada 3 fungsi hati yang perlu diketahui, diantaranya:

  • Fungsi hati membantu proses motabolisme dalam tubuh

Fungsi hati yang pertama memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh yaitu sebagai pengontrol gula darah. Hati bertugas sebagai pengubah kadar gula darah yang tinggi menjadi glikogen. Hal ini dilakukan oleh hati ketika kadar gula darah tinggi. Glikogen merupakan pemberi gula darah ketika gula darah kita menurun sehingga bisa kita sebut juga hati sebagai penstabil gula darah kita. Selain itu juga hati membantu proses metabolisme protein. Lemak dan juga karbohidrat.

  • Fungsi hati sebagai pembantu proses regulasi

Fungsi hati yang kedua adalah sebagai pengatur komposisi darah yang ada dalam tubuh manusia yang meliputi gula, protein, lemak dan unsur lainnya. Hati juga berfungsi membuang zat bilirubbin yang bisa menyebabkan tubuh menjadi kuning jika terlalu banyak zat ini oleh karena itu zat bilirubbin ini dibuang melalui fases.

  • Fungsi hati sebagai pembantu proses detoksifikasi tubuh

Fungsi hati yang ketiga ini adalah sebagai pembantu detoksifikasi yaitu fungsinya untuk membersihkan darah dari zat- zat yang tidak penting seperti zat kimia dari obat- obatan yang berbahaya bagi tubuh dan dibuang melalui proses pembuangan. Sehingga darah yang akan dialirkan ke seluruh tubuh adalah darah yang bersih dari zat- zat berbahaya tersebut. Bagi wanita hati memiliki peranan yang penting sebagai bagian penting tubuh namun hati juga merupakan indera perasa dimana wanita bisa merasa jika terjadi sesuatu hal pada dirinya atau disekitarnya.

Liver bisa rusak oleh berbagai macam penyebab. Berikut ini ada beberapa penyebab penyakit liver dari timbulnya kerusakan pada fungsi hati, antara lain :

  • Faktor genetik atau keturunan dari beberapa gen orang tua yang memiliki riwayat penyakit liver kemudian menurun pada anak yang kemungkinannya juga dibawa sejak lahir.
  • Terjadinya kelainan-kelainan dalam sistem metabolisme dan atau kerusakan pada proses awal pencernaan makanan.
  • Terjadinya infeksi-infeksi virus atau bakteri
  • Kekurangan gizi atau nutrisi
  • Kecanduan dan kebiasaan merokok dapat juga menjadi penyebab penyakit liverGambar Penyebab Penyakit Liver
  • Gemar konsumsi minuman beralkohol, bersoda tinggi. Diketahui bahwa minuman beralkohol dan minuman yang mengandung soda tinggi mengakibatkan kerusakan pada fungsi organ tubuh yang sangat penting, termasuk organ hati dan gangguan kesehatan lainnya.

Penyakit hati atau liver yang disebabkan oleh penggunaan minuman beralkohol akan mendukung penyakit lainnya yang berhubungan kerusakan organ hati, seperti :

  • Hepatitis alkoholik
  • Penyakit fatty liver yang menyebabkan pembesaran hati
  • Sirosis alkoholik
  • Efek samping dari pemakaian obat-obatan jenis tertentu secara terus-menerus sehingga menyebabkan kerusakan pada fungsi hati.
  • Tidak terpenuhi secara baik dan seimbang sumber gizi dan nutrisi bagi tubuh.
  • Sebelumnya pernah melakukan operasi pada bagian perut atau pernah melakukan operasi yang berkaitan usus sehingga mengakibatkan rasa trauma atau menimbulkan luka setelah menjalani operasi.

Demikian beberapa penyebab penyakit liver yang perlu diketahui. Semoga kita semua bisa terhindar dari penyakit ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *