Pengertian Penyakit Liver

Posted by on August 7, 2014 in Info Penyakit Liver | 0 comments

Pengertian Penyakit Liver

Liver atau hati merupakan organ yang sangat penting bagi kelangsungan hidup yang memiliki lebih dari 500 fungsi, termasuk menetralkan tubuh dari zat-zat berbahaya yang masuk dari luar tubuh maupun yang terbentuk di dalam tubuh akan dibuang ke hati bersama-sama cairan empedu menuju usus, mengontrol penggumpalan darah serta menghasilkan empedu untuk menguraikan lemak menjadi asam lemak pada proses pencernaan.

Pengertian Penyakit LiverSelain itu fungsi hati adalah sebagai tempat pembentukan plasma darah dan zat pembeku darah, sebagai tempat penyimpanan zat-zat mineral, seperti besi, kalium, dan tembaga, penyimpan cadangan air, tempat pembakaran gula dan pembentukan kolesterol.

Liver merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh dan terletak di bagian kanan atas perut yang terdiri atas dua bagian, lobus kiri dan lobus kanan. Lobus kanan lebih besar sekitar 65% dari total volume liver. Organ liver memiliki kelebihan tersendiri dibanding dengan organ lainnya karena organ liver adalah satu-satunya organ dalam tubuh yang dapat memperbaharui diri sendiri. Oleh sebab itu, bila sebagian liver diangkat maka dalam waktu relatif tidak terlalu lama (sekitar 2 minggu) dapat tumbuh kembali keukuran asalnya karena liver sendiri terdiri atas sel-sel kecil yang disebut hepatosit yang berfungsi memproduksi sel-sel baru dalam waktu yang cepat.

Penyakit Liver termasuk penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat kita. Maka sangatlah penting untuk memahami penyebab, gejala dan pencegahan penyakit Liver ini. Kerusakan dan kelainan hati misalnya juga menjadi penyebab penyakit Liver. Fungsi hati yang tidak sempurna sangat berbahaya terhadap kesehatan tubuh kita dimana hati bertugas sebagai penyaring darah dan memperbaiki darah yang rusak atau mendaur ulang darah kita, membentuk empedu yang bertugas untuk membantu pencernakan lemak tubuh.

Sebelum mengetahui pengertian penyakit liver, ada baiknya Anda mengetahui tentang fungsi hati. Fungsi hati diantaranya adalah :

• Menyaring darah/mengurai dan mendaurulang sel-sel darah merah
  • Memproduksi empedu untuk proses pencernaan lemak
  • Mengikat lemak dan kolesterol yang diangkut ke seluruh tubuh
  • Menyimpan zat gula, besi, tembaga, vitamin A, B dan D
  • Memproduksi protein-protein untuk bahan pembekuan darah
  • Membuat protein albumin yang berperan dalam pengangkutan cairan didalam darah dan ginjal

Karena begitu pentingnya fungsi hati dalam tubuh, maka ketika terjangkit penyakit liver, tubuh akan rusak. Di bawah ini ada beberapa hal yang menjadi penyebab penyakit liver, diantara penyebab penyakit liver adalah:

• Kekurangan nutrisi penting bagi tubuh (malnutrition)
  • Kelainan dan kerusakan hati bawaan/sejak dilahirkan
  • Infeksi virus dan bakteri
  • Akibat obat-obatan/Alkohol yang telah meracuni hati
  • Gangguan metabolisme, proses faal tubuh
  • Terjadi trauma pada organ hati

Seseorang bisa dikatakan terjangkit penyakit liver jika memiliki beberapa gejala penyakit liver dibawah ini, diantaranya:

• Kulit jadi kekuninganGambar Pengertian Penyakit Liver
  • Rasa nyeri di perut bagian kanan atas
  • Air seni/Urin berwarna kecoklatan/seperti teh
  • Kadar gula turun
  • Cepat kehilangan selera makan
  • Berat badan turun secara drastis
  • Sering mual, muntah juga Diare
  • Feces/kotoran berwarna pucat
  • Tidak enak badan dan malas
  • Mudah mengalami kelelahan
  • Sering pegel-pegel,sakit otot atau demam ringan
  • Penurunan gairah dan depresi
  • Pembuluh darah membesar
  • Mengalami gejala gatal-gatal

Demikian informasi mengenai pengertian penyakit liver yang perlu diketahui. Semoga bisa menambah pengetahuan bagi kita semua.