Mengenal Liver dan Fungsinya

Posted by on May 24, 2014 in Info Penyakit Liver | 0 comments

Mengenal Liver dan Fungsinya

Banyak yang tidak menyadari tentang pentingnya organ tubuh yang bernama liver. Sehingga tidak peduli tentang kesehatan organ tubuh yang satu ini. Padahal, jika liver sudah rusak oleh penyakit, maka racun yang masuk ke dalam tubuh, tidak bisa dinetralisir.

Mengenal Liver dan FungsinyaLiver atau hati adalah organ tunggal dalam tubuh yang paling besar dan kompleks. Dengan bobot sekitar 2 kg, hati mempunyai tugas penting yang rumit demi kelangsungan seluruh fungsi tubuh. Hati merupakan organ tubuh yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Ribuan enzim yang mengatur setiap aktivitas tubuh dihasilkan organ liver. Jika hati gagal memproduksi salah satu saja enzim ini, maka fungsi tubuh secara umum akan terganggu. Begitu juga dengan limpa. Limpa terdiri dari cairan jaringan, tempat semua sel-sel tubuh dibersihkan.

Fungsi Liver

Fungsi liver ini dikelompokkan menjadi tiga kategori:

  1. Regulasi hati berfungsi mengatur komposisi darah, terutama jumlah gula, protein, dan lemak yang masuk dalam peredaran darah. Hati juga menyingkirkan bilirubin dari darah untuk kemudian dikeluarkan melalui feses.
  2. Metabolisme hampir semua zat makanan yang diserap melalui usus diproses dalam hati. Selain itu, untuk mengubah zat makanan menjadi bentuk yang dapat digunakan tubuh, hati juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan zat gizi lain, seperti vitamin A. Di dalam hati juga dihasilkan kolesterol, zat pembeku darah, serta protein khusus dan empedu.
  3. Detoksifikasi organ hatilah yang mendetoksifikasi darah. Hati memisahkan obat-obatan dan bahan kimia atau metabolit yang berpotensi merusak dari aliran darah, lalu mengubahnya, sehingga dapat dikeluarkan ke empedu dan akhirnya lewat feses.

Dilihat dari fungsi liver diatas maka jika terjadi ketidak seimbangan hati, akan merusak tubuh. Ketidakseimbangan hati biasanya ditandai dengan sakit kepala, mudah marah, cemas, depresi, kebingungan, kelelahan, penurunan libido serta fungsi mental, alergi makanan, sensitif bahan kimia dan premenstrual syndrome serta kondisi seperti kepikunan dan penyakit parkinson.

Jika hati rusak, maka fungsinya dalam mengeluarkan racun tidak berfungsi. Akibatnya racun akan menumpuk dalam darah dan akhirnya ke otak. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat akan menjaga fungsi hati agar tetap optimal.

Jika gaya hidup sehat dapat menjaga fungsi hati, maka sebaliknya gaya hidup tak sehat akan merusak hati. Gaya hidup modern merupakan salah satu gaya hidup yang tidak sehat. Karena gaya hidup modern bisa memaksa hati Anda untuk bekerja keras. Penggunaan alkohol, tembakau, zat pencemar dari lingkungan, zat aditif pada makanan, pestisida dari produk pertanian, kandungan kimia bahan kosmetik, produk-produk rumah tangga, stres, produk farmasi dan obat yang dijual bebas di pasaran termasuk kontrasepsi oral dan kafein, serta berbagai material lainnya bisa membunuh sel-sel liver.Gambar Mengenal Liver dan Fungsinya

Selain itu, ada kebiasaan buruk yang paling merusak liver, yaitu tidur terlalu larut malam dan bangun terlambat. Lever mengalami detoksifikasi pada jam 11 malam sampai jam 1 pagi dan paling baik apabila dilakukan saat tubuh dalam keadaan tidur lelap. Orang yang suka bergadang semalaman tidak tidur sangat rentan rusak levernya karena detoksifikasi organ tersebut tidak bisa berlangsung secara efektif.

Melihat penjelasan di atas, maka sebaiknya kita menjaga agar hati kita tetap sehat. Karena sel-sel liver mudah rusak yang disebabkan gaya hidup salah namun relatif mudah juga menjadi baik jika mau mengubah gaya hidup tersebut. Jadi, jagalah liver Anda agar tetap sehat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *