Gejala Penyakit Liver

Posted by on May 25, 2014 in Info Penyakit Liver | 0 comments

Gejala Penyakit Liver

Gejala penyakit liver seringkali sama dengan gejala penyakit lainnya. Karena itu, untuk mengetahui lebih pasti bahwa seseorang mengidap penyakit liver adalah dengan adanya tes laboratorium. Sehingga ada kepastian dalam mendiagnosis.

Gejala Penyakit LiverLiver atau hati adalah organ terbesar yang ada di dalam tubuh, liver juga sering dianggap kelenjar karena memiliki banyak fungsi, diantaranya membuat dan mengeluarkan empedu. Liver terletak di bagian kanan atas perut dan dilindungi oleh tulang rusuk. Liver adalah satu-satunya organ dalam tubuh yang dapat dengan mudah mengganti sel yang rusak, tetapi jika sel-sel tersebut hilang, liver tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Hati merupakan organ penting bagi kelangsungan hidup manusia dengan berbagai macam fungsinya. Organ ini akan menetralkan tubuh anda dari zat-zat berbahaya baik yang berasal dari luar atau terbentuk dalam tubuh.

Zat-zat tersebut akan dibuang bersama cairan empedu untuk mengontrol penggumpalan darah. Hati juga berfungsi sebagai penyimpanan zat-zat mineral, cadangan air, pembeku darah, pembentukan plasma, dan pembakaran gula penyebab kolesterol. Menilik peran vital dari organ hati, sudah seharusnya anda menjaga organ tersebut dengan baik agar terhindar dari penyakit liver.

Apa itu penyakit liver? Apa saja gejala dan penyebabnya? Penting bagi anda untuk mengetahui tentang gejala dan penyebab penyakit liver agar hidup anda tetap sehat.

Liver adalah kelenjar dalam tubuh yang terletak di bagian perut sebelah kanan atas. Pada umumnya penyakit liver dikenal sebagai penyakit yang berhubungan langsung dengan organ hati. Penyakit ini disebabkan oleh inveksi virus atau senyawa berbahaya dari bahan kimia, yang kemudian berkembang menjadi peradangan pada hati.

Beberapa penyebab lain penyakit liver diantaranya:

• Kelainan hati yang di bawa sejak lahir.
  • Gangguan proses metabolisme.
  • Inveksi virus dan bakteri jahat.
  • Obat-obat yang mengandung senyawa kimia.
  • Kurangnya asupan gizi dan nutrisi.
  • Kebiasaan buruk seperti merokok dan meminum minuman beralkohol.
  • Terinfeksi racun seperti jamur chloride, anabolic steroids, arsenic, dan aflatoxin.

Pada dasarnya yang paling utama dalam menyebabkan rusak pada liver adalah gaya hidup yang tidak sehat. Karena seringkali virus masuk ke dalam tubuh pun karena gaya hidup yang tidak sehat.

Penyakit liver biasanya memiliki gejala-gejala tertentu, beberapa gejala penyakit liver diantaranya:Gambar Gejala Penyakit Liver

• Kehilangan selera dan nafsu makan.
  • Selaput mata berubah menjadi kuning. Hal ini dikarenakan menumpuknya empedu dalam darah.
  • Mudah stress atau bahkan depresi.
  • Merasakan nyeri berlebih pada daerah kanan perut.
  • Urin berubah warna menjadi coklat pekat.
  • Pembuluh vena membesar.
  • Mudah lelah dan kehilangan gairah.
  • Penurunan berat badan secara signifikan.
  • Menurunnya kadar gula darah.

Itulah beberapa penyebab dan gejala penyakit liver yang penting anda ketahui. Jika anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, segera memeriksakan kesehatan anda. Jangan sampai dibiarkan berlama-lama agar penyakit tersebut tidak berkembang menjadi kronis.