Apakah Penyakit Liver Menular

Posted by on August 13, 2014 in Featured | 1 comment

Apakah Penyakit Liver Menular

Liver merupakan organ penting yang ada di dalam tubuh. Organ ini termasuk salah satu organ terbesar dibanding organ tubuh lainnya. Salah satu fungsi liver adalah menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu, jika fungsi liver tidak berjalan dengan baik, maka berbagai penyakit akan mudah masuk.

Penyakit liver atau kadang dikenal juga dengan penyakit hepatitis adalah peradangan hati yang menahun atau kronis yang ditandai dengan proses peradangan atau biasa disebut hepatitis, kematian jaringan hati (nekrosis), penambahan jaringan ikat dengan terbentuknya gumpalan-gumpalan atau adanya pembengkakan kecil jaringan (nodus) yang mengganggu susunan dan fungsi hati.

Peradangan hati sangat berbahaya karena hati mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh anda. Hati mempunyai fungsi sebagai alat ekskresi. Dalam kerjanya hati membantu fungsi ginjal dengan membantu melakukan pemecahan senyawa yang bersifat racun serta menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Pada umumnya proses pemecahan senyawa racun oleh hati disebut proses detoksifikasi.

Penyakit liver ada banyak macamnya, diantaranya adalah penyakit hepatitis Akibat virus hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C. Ketiga jenis virus hepatitis tersebut dapat menular dari satu orang ke orang lain. Bahkan dikatakan bahwa penyakit hepatitis B dan C itu lebih menular dibanding dengan penyakit AIDS. Yaitu penyakit yang menyerang sistem imun tubuh seseorang. Karena itu, jika seseorang sudah terjangkit penyakit hepatitis B dan atau C, maka sangat mungkin orang terdekatnyapun akan tertular penyakit hepatitis . Oleh sebab itu, agar tidak menyebar, maka harus diketahui penyebab, dan pencegahan dari penyakit hepatitis yang disebabkan oleh virus.

Sehingga yang di tularkan antara sesama manusia adalah virus hepatitis nya bukan penyakitnya. Karena penyakit liver pun dapat disebabkan oleh non virus, contohnya adalah toxic hepatitis yaitu penyakit liver akibat keracuanan (obat-obatan atau bahan kimiawi), Alkoholik hepatitis yakni penyakit liver akibat terlalu banyak minum-minuman alkohol. Dua jenis penyakit liver tersebut (alhokolik hepatitis dan toxic hepatitis) tidak termasuk kepada golongan penyakit menular. Kesimpulannya adalah yang ditularkan antara manusia dan manusia adalah virus penyebab penyakit liver. Sehingga pertanyaan apakah penyakit liver menular, maka jawabannya adalah ada yang menular dan ada juga yang tidak menular tergantung dari penyebab dan jenis penyakit liver orang tersebut.

Penyebab Penyakit Liver

Penyebab penyakit liver pada umumnya adalah virus, bahan-bahan beracun, bakteri dan alkohol. Masuknya penyebab penyakit liver tersebut biasanya melalui berbagai zat makanan dan minuman yang anda konsumsi yang tidak diproses dengan baik, kondisi dalam keadaan tidak bersih dan memang pada dasarnya mengandung racun. Selain itu pola hidup yang tidak sehat seperti meminum minuman yang mengandung alkohol juga bisa menjadi penyebab penyakit liver.

Gejala Penyakit Liver

Karena penyakit liver ini sangat berbahaya bagi kesehatan anda, oleh karena itu sangatlah penting untuk mengetahui gejala penyakit liver agar anda bisa mengetahui apakah anda sedang mengidap penyakit liver dan melakukan pencegahan dini serta pengobatan penyakit liver.

Gejala penyakit liver yang umum dikenal adalah adanya perubahan warna selaput mata yang menjadi kuning, sehingga penyakit liver terkadang juga dikenal dengan nama penyakit kuning. Secara umum gejala penyakit liver adalah sebagai berikut :

  • Mudah kehilangan selera makan dan sering merasa mual-mual.
  • Sangat mudah merasa kelelahan, badan sering merasa kelelahan dan tidak bersemangat.
  • Warna kulit dan selaput mata berubah menjadi kuning.
  • Gairah seks menurun.
  • Perut bagian kanan atas sering terasa nyeri.
  • Warna urine berubah menjadi berwarna coklat.
  • Berat badan mengalami penurunan yang cukup drastis.
  • Mengalami pegal-pegal,otot terasa sakit dan demam walaupun ringan.
  • Kadar gula dalam tubuh juga rendah.Gambar Apakah Penyakit Liver Menular
  • Sering buang air besar (diare).

Pencegahan Penyakit Liver

Sebelum terlanjur terkena penyakit liver, sebaiknya Anda melakukan pencegahan. Untuk pencegahan penyakit liver ada beberapa hal yang dapat dilakukan, diantaranya adalah :

  • Melakukan pola hidup yang sehat seperti tidak merokok dan tidak minum minuman yang mengandung alkohol.
  • Menghindari makanan dan minuman yang mengandung zat yang beracun atau zat yang berbahaya bagi fungsi hati anda.
  • Selalu mencuci makanan sebelum anda mengkonsumsinya.
  • Selalu berkonsultasi dengan dokter anda jika anda mengalami gejala-gejala penyakit liver.
  • Melakukan tes medis untuk memastikan apakah anda mengidap penyakit liver atau tidak.

Demikian artikel mengenai menular tidaknya penyakit liver. Semoga dengan mengetahui lebih banyak tentang penyakit liver, kita bisa terhindar dari penyakit ini.

1 Comment

  1. Informasinya keren,, saya ijin share ya… Saya soalnya pernah alami penyakit yang sama…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *